Kamis, 07 April 2011

Manfaat Beberapa Buah-buahan


Khasiat Buah Jeruk untuk Obat


Dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak asing lagi dengan buah jeruk. Selain enak rasanya, buah jeruk juga mengandung vitamin C. buah yang memiliki keragaman jenis yang cukup kaya ini, menyimpan berbagai manfaat bagi manusia. Diantaranya dalam pembuatan minyak wangi, karena kandungan minyaknya yang beraroma sangat tajam.

Khasiat Buah Jeruk Dalam Thibbunnabawi
Rasulullah bersabda, “Permisalan seorang mukmin yang membaca Al-Qur’an ialah seperti buah jeruk, rasanya manis dan aromanya harum” (HR. Bukhari 8/59 dan Muslim (797)

Utruj (jeruk) memiliki banyak manfaat. Ia tersusun dari beberapa unsure, meliputi: Kulit, daging buah, zat asam dan biji. Diantara manfaat kulit jeruk ialah jika diletakkan pada pakaian dapat mencegah ngengat atau tunggau. Aromanya bisa menetralisir udara kotor. Apabila ditahan di mulut bisa mengharumkan atau mengurangu bau mulut tak sedap, serta membantu proses pencernaan jika digunakan dalam campuran makanan. Penulis kitab Al-Qanun mengatakan, “Perasan kulitnya dapat digunakan sebagai pembalut luka, abu dari kulitnya merupakan penggosok yang baik terhadap lepra.”

Adapun daging buahnya bermanfaat untuk mengurangi panas perut. Juga bermanfaat bagi penderita penyakit empedu. Al Ghafiqi menuturkan, “Memakan dagingnya bermanfaat terhadap wasir (sembelit).”

Sedangkan mengenai manfaat bijinya, Ibnu Marwaih mengatakan, “Khasiat bijinya bermanfaat terhadap bisa (racun) yang mematikan, dengan cara meredam biji tersebut dalam air hangat. Kemudian air redaman biji tadi diminum seukuran dua mitsqal (dua timbangan) masing-masing seberat kira-kira dua puluh lima gram. Juga akan sangat bermanfaat apabila biji tersebut dilumat dan diletakkan pada bagian tubuh yang terkena sengatan.”

Yang lainmengatakan, “Khasiat biji sitrun bermanfaat terhadap sengatan kalajengking, dengan cara meminum dua mitsqal air rendaman biji yang diperoleh dengan merendam biji tadi dalam air hangat. Juga bermanfaat jika ia dilumatkan dan diletakkan pada tempat sengatan.”

Sedangkan yang lain mengatakan, “Bijinya bermanfaat terhadap segala yang terkena racun dan segala sengatan beragam jenis serangga.”

Karena manfaatnya yang demikian banyak, maka pantaslah jika buah jeruk dijadikan permisalan bagi eksistensi seorang mukmin yang gemar membaca Al-Qur’an.

Khasiat Jeruk Manis (Citrus Aurantium)
Jenis ini sering dikonsumsi manusia sebagai buah pencuci mulut. Mengandung kadar gula dan vitamin C cukup tinggi, sehingga sangat baik bagi pertahanan tubuh, pengobatan panas dalam serta sariawan.

Sering mengkonsumsinya, terutama bagi anak-anak, memberikan efek sangat baik bagi daya tahan tubuh, sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit.

Khasiat Jeruk Nipis (Citrus Aurantifolia Swingle)
Tidak sebatas hanya sebagai bagian dari bahan dapur atau bahan kosmetik semisal shampo, jeruk nipis juga bermanfaat dalam pengobatan penyakit. Sebagai obat tradisional yang tentunya relative mudah diperoleh, murah, praktis, alamiah serta tidak menimbulkan efek samping bagi pemakainya.

Berikut ini adalah beberapa manfaat jeruk nipis dalam kehidupan sehari-hari.

Insya Allah dapat menyembuhkan penyakit batuk tanpa demam
Cara membuat ramuannya: jeruk nipis dipotong dan diperas diambil airnya. Kemudian tambahkan madu sebanyak perasan air jeruk. Aduk kedua bahan hingga tercampur rata. Minum tiga kali sehari dengan dosis satu sebdok makan untuk orang dewasa dan setengah sendok teh untuk anak-anak.

Obat batuk disertai pilek
Bahan yang diperlukan: satu buah jeruk nipis, minyak kayu putih dan kapur sirih.

Jeruk nipis dipotong dan diperas diambil airnya. Tambahkan minyak kayu putih dan kapur sirih sebanyak perasan. Setelah ketiga bahan tercampur oleskan pada dada, leher dan punggung penderita sakit batuk pilek.

Sakit demam pada anak-anak
Bahan yang diperlukan: satu buah jeruk nipis, tiga suing bawang merah, satu suing bawang putih, satu sendok , minyak kelapa dan garam secukupnya.

Caranya: jeruk nipis dipotong dan diperas diambil airnya. Bawang merah dan bawang putih diparut kemudian ditambahkan garam dan minyak kelapa, aduk hingga tercampur rata. Campurkan air jeruk nipis dan parutan bawang yang telah bercampur dengan minyak kelapa dan garam tadi. Kompreskan secara merata pada dahi terutama ubun-ubun.

Obat panas, menggigil, dingin
Bahan: satu buah jeruk nipis, setengah pelepah daun papaya, kencur satu ruas jari.

Cara membuat ramuan: Jeruk nipis dibelah dicampur dengan daun papaya dan kencur. Ketiga bahan direbus dengan tiga gelas air. Rebus ramuan hingga tersisa satu gelas dan saring airnya untuk diminum tiga gelas sehari sebabyak setengah gelas.

Obat batuk secara umum
Bahan: Satu buah jeruk nipis, kecap dan madu secukupnya.

Cara membuat ramuan : Jeruk nipis dipotong dan diperas diambil airnya, kemudian dicampur dengan kecap dan madu sama banyaknya. Aduk sampai rata. Minumkan pada penderita sehari sekali satu sendok makan. Apabila untuk anak-anak, tiga kali sehari satu sendok teh.

Demikian sekelumit pembahasan tentang alternative pengobatan dengan jeruk. Semoga dapat memberikan kiat jitu nagi pembaca mengahadapi harga obat yang kian melambung dewasa ini. Satu hal yang perlu juga untuk diperhatikan, apabila dalam pengobatan dengan ramuan tersebut diatas timbul reaksi tubuh, misalnya reaksi kulit serta sakit perut dan diare, maka segera hentikan pengobatan.


Khasiat Buah Apel

May 28th, 2010 Khasiat Buah dan Sayur
gambar Buah Apel
Apel adalah salah satu buah yang mudah ditemui di berbagai belahan penjuru dunia. Diperkirakan ada kurang lebih tujuh ribu jenis buah apel di seluruh dunia. Meskipun bentuk, ukuran, warna, rasa, serta tekstur masing-masing jenis apel berbeda, namun pada umumnya buah ini berbentuk bulat dengan cekungan pada pangkal pucuknya. Dagingnya berwarna putih, renyah, berair dengan rasa manis atau asam, dan dilindungi oleh kulit tipis yang biasanya berwarna mengkilap. Bila dikerat, akan keluar aroma yang harum dan segar, walau ada sebagian yang beraroma tajam.
Satu porsi buah apel banyak mengandung kalium, pektin, dan selulosa. Pektin banyak terdapat pada daging buah apel dan merupakan salah satu serat yang tidak larut dalam air. Sedangkan selulosa banyak terdapat pada kulit buah apel dan merupakan serat yang larut dalam air. Kalium sendiri banyak terdapat pada buah apel yang berwarna merah.
Berikut ini khasiat dan manfaat dari buah apel:
  • Mengurangi resiko stroke.
    Kalium merupakan mineral yang berfungsi untuk meningkatkan keteraturan denyut jantung, mengaktifkan kontraksi otot, mengatur pengiriman zat gizi ke sel-sel, mengendalikan keseimbangan cairan dalam jaringan dan sel tubuh, serta membantu mengatur tekanan darah. Menurut penelitian, satu porsi buah apel mampu menurunkan resiko terkena stroke hingga 40%.
  • Alternatif makanan berenergi bagi pelaku diet dan mengontrol penyakit kencing manis.
    Pektin dapat membentuk gel dalam usus sehingga waktu yang dibutuhkan sisa makanan untuk bergerak dari mulut ke anus menjadi lebih lama dan seseorang menjadi lebih lama merasa kenyang. Selain itu, ia juga mampu memperlambat masuknya glukosa dari pencernaan karbohidrat ke aliran darah sehingga dapat mengontrol penyakit kencing manis.
  • Mengurangi resiko serangan jantung.
    Pektin juga dapat mengikat berbagai zat, termasuk kolesterol, dan mengurangi penyerapan dari saluran usus. Bentuk serat ini dapat menurunkan tingkat kolesterol darah. Menurut penelitian, kadar pektin pada apel dapat menurunkan kandungan kolesterol LDL hingga 10% serta menurunkan kandungan kolesterol HDL hingga 20%, dimana keduanya merupakan penyebab serangan jantung.
  • Membersihkan gigi.
    Rasa renyah apel dapat membantu melepaskan bahan-bahan yang lengket di gigi, sekaligus memicu pengeluaran air liur, sehingga mampu membersihkan gigi.
Perlu diperhatikan bahwa apel yang sudah diolah biasanya struktur seratnya sudah rusak, sehingga, jika untuk keperluan kesehatan / pengobatan, sebaiknya mengkonsumsi apel yang segar, bukan olahan.

Manfaat Buah Anggur Merah


Buah anggur merah umumnya dimanfaatkan untuk dijadikan minuman anggur melalui proses fermentasi. Baik minuman jenis red wine dan rose wine menggunakan buah anggur merah. Minuman anggur telah dikenal sejak ribuan tahun sebelum masehi, dan menjadi minuman yang menghangatkan badan sehingga cocok untuk masyarakat di daerah dingin. Meskipun terdapat kandungan alkohol, namun manfaat buah anggur merah ternyata juga sangat tinggi.
Sudah sejak lama masyarakat meyakini khasiat buah anggur merah untuk mengatasi berbagai problem kesehatan, seperti penyakit jantung maupun menjaga kecantikan. Hal ini terutama dilandasi kenyataan bahwa faktor risiko penyakit jantung orang Perancis lebih rendah ketimbang orang Amerika. Padahal, masyarakat Perancis dikenal mengkonsumsi keju, mentega, maupun makanan berlemak lainnya jauh lebih banyak dibandingkan orang Amerika. 
Kandungan Anggur Merah
Buah anggur merah dikenal banyak mengandung mineral dan vitamin yang sangat baik untuk kesehatan. Kandungan gizi cukup besar dalam buah anggur merah diantaranya adalah karbohidrat 10,5 gram, lemak 6,2 gram, kalsium 16 mg, fosfor 24 mg, zat besi 0,8 mg, dan niacin 0,9 mg.
Sedangkan vitamin yang cukup banyak adalah vitamin A sebanyak 70 RE, vitamin C 13 mg, sedangkan vitamin B1 dan B2 masing-masing 0,05 mg. Begitu juga kandungan energinya cukup tinggi, yaitu 93 kalori.
Buah anggur merah juga mengandung banyak magnesium yang berguna dalam melancarkan pencernaan dan mengatasi masalah buang air besar. Buah ini juga sangat baik untuk meningkatkan kerja ginjal, menjaga fungsi kandung kencing, serta menenangkan sistem saraf.
Meskipun manfaat buah anggur merah sangat baik untuk menjaga kesehatan, namun buah anggur merah juga dikenal bersifat basa sehingga kurang baik bagi tubuh. Apalagi kalau konsumsinya dilakukan dalam jumlah berlebihan.
Anti Jantung
Dari berbagai penelitian yang dilakukan sejumlah ilmuwan di Amerika Amerikat ditemukan manfaat anggur merah dalam mengatasi berbagai penyakit degenartif yang paling banyak ditakuti, khususnya penyakit jantung dan diabetes. Bahkan ilmuwan di Universitas Machigan, Amerika Serikat menemukan bahwa diet yang dilaksanakan dengan menambahkan anggur merah ternyata mampu menormalkan tekanan darah dan memperbaiki kerja jantung.
Kandungan resveratroli maupun unsur fitokimia dalam buah anggur merah sangat bermanfaat dalam menjaga kehalusan kulit, perawatan wajah, serta mencegah proses penuaan dini. Kandungan ini pun ternyata juga berkhasiat dalam mencegah proses kebutaan mata akibat penuaan. Bahkan penelitian ilmuwan di Universitas Washington, Amerika Serikat juga menemukan kandungan itu dalam menekan dan mengatasi angiogenesis, penyebab terjadinya penebalan dinding arteri pada penyakit jantung dan juga penyebab terjadinya penyakit kanker.
Selain itu, temuan lain juga memperlihatkan manfaat buah anggur merah dalam mencegah dan mengatasi stroke dan juga stress. Penelitian itu menemukan bahwa kandungan resveratrol terutama yang terdapat pada kulit buah anggur merah, ternyata mampu merangsang produksi enzim dalam otak saat menghadapi tekanan. Dengan produksi enzim yang cukup, maka otak akan terlindungi dari faktor risiko stroke.

Buah Manggis Berkhasiat Untuk Kesehatan dan Kecantikan

            Buah manggis tumbuh liar di hutan dan pegunungan dengan ketinggian pohon bias mencapai lebih dari 15 meter namun mempunyai masa berbuah yang membutuhkan waktu lebih dari 10 tahun..Indonesia salah satu sentra penghasil manggis yang diekspor ke berbagai belahan dunia seperti Amerika dan Eropa.Ratu segala buah (queen of fruits), begitulah julukan orang-orang yang memahami khasiat buah manggis untuk kesehatan dan kecantikan. Rasanya yang manis, lezat dan lembut membuat buah manggis banyak disukai orang.
            Yang paling utama dari buah manggis adalah kulitnya, sebab dalam kulitnya terdapat antioksidan yang merupakan kunci utama dalam mencegah penyakit. Menurut Dr. Sam Walters, Master dalam bidang biologi Sain dengan spesialisasi nutrisi manusia, penelitian badan-badan pengobatan di dunia menunjukkan bahwa buah manggis secara langsung menyembuhkan berbagai penyakit.Penelitian terbaru menemukan bahwa satu dari 4 rakyat Amerika Serikat mengidap kanker, dan 1 dari 5 orang akan meninggal dunia pada usia dini. Solusi terbaik dalah pencegahan. Mereka merawat banyak pengidap kanker dan mendetoksifikasi logam berat dengan buah manggis. Kulitnya yang mengandung Xanthone penyembuh kanker payudara, kanke paru-paru, kanker perut,leukemia, dll.
Mayoritas pasien yang dirawat merupakan penderita stadium 4 ke atas, mereka hanya mempunyai waktu 6-8 minggu untuk hidup. Ternyata manggis mampu mengembalikan hidup para pasien tersebut.Yang dibutuhkan tubuh adalah bahan biologis, bukan bahan kimia.
Zaman sekarang, kita sudah banyak terkontaminasi oleh bahan-bahan kimiawi, bahan polutan dan bahan tiruan. Xanthone dapat menangkap radikal bebas dan mencegah kerusakan sel sehingga proses degenerasi sel terhambat.Menurut Dr. Ir. Raffi Paramawati (balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian), radikal bebas masuk melalui makanan yang kita konsumsi dan merupakan penyebab utama penyakit jantung, stroke, kanker,dsbnya. Antioksidan yang bernama Xanthone ini kadarnya mencapai 123,97 mg per ml.
Konsumsi manggis secara rutin membuat awet muda karena antioksidan super yang berfungsi menjaga serta memperbaiki sel-sel tubuh kita yang rusak dan menjadi lebih baik sebab manggis membantu menghancurkan semua penyakit dalam tubuh dan memperbaiki sisten antibody dalam tubuh kita. Seseorang yang masih muda kalau sedang menderita penyakit degeneratif kelihatannya seperti usia 60-an tahaun, tapi ketika sembuh setelah minum manggis wajahnya seperti umur 30-an tahun.
Menurut Dr. Berna Elya, Peneliti Departemen Farmasi Universitas Indonesia khasiat Xanthone bukan hanya antioksidan, tetapi juga antikanker. Ekstrak kulit manggis bersifat antiproliferasi yang untuk menghambat pertumbuhan sel kanker. Selain itu ekstrak itu juga bersifat apoptosis penghancur sel kanker. Xanthone mampu merawat bebrapa jenis kanker seperti kanker hati, pencernaan, paru-paru dll. Xanthone dalam kulit manggis juga ampuh mengartasi penyakit tuberculosis (TBC), asma, leukemia, antiinflamasi dan antidiare.Faedah lain manggis sebagai antijamur dan antibakteri penyebab jerawat.
            Menurut Dr Berna, antikanker, antioksidan, mujarab mengatasi jantung koroner dan mengatasi HIV, semua ini hanya sebagian kecil dari khasiat kulit manggis yang mengisi tong sampah.
            Manggis tidak ada yang dibuang, daging buahnya, bijinya sampai kulitnya yang bias diekstrak menjadi antioksidan super. Manggis juga sangat baik untuk wanita, tetapi untuk wanita sedang hamil tidak boleh mengkonsumsiya. Untuk pencegahan, sebaiknya konsumsilah manggis setiap hari, buah berkhasiat untuk kesehatan manusia.

Khasiat Buah Nanas


Buah ini banyak mengandung vitamin A dan C sebagai antioksidan. Juga mengandung kalsium, fosfor, magnesium, besi, natrium, kalium, dekstrosa, sukrosa, dan enzim bromelain.
Bromelain berkhasiat sebagai antiradang, membantu melunakkan makanan di lambung, serta menghambat pertumbuhan sel kanker. Kandungan seratnya dapat mempermudah buang air besar pada penderita sembelit.
Beberapa khasiat buah nanas yang telah masak:
  1. bersifat dingin,
  2. dapat mengurangi keluarnya asam lambung yang berlebihan,
  3. membantu pencernaan makanan di lambung,
  4. antiradang,
  5. peluruh kencing (diuretik),
  6. membersihkan jaringan kulit yang mati,
  7. mengganggu pertumbuhan sel kanker,
  8. menghambat penggumpalan trombosit.
Beberapa penyakit yang dapat disembuhkan dengan buah nanas:
  1. Air perasan (Jus) Nanas: Cacingan, radang tenggorokan, Beri-beri, menurunkan berat badan, masalah pencernaan
  2. Daun Nanas (cuci bersih, ditumbuk halus, balurkan pada yang sakit): Untuk luka bakar, gatal dan bisul
  3. Ketombe: Sediakan 1/4 buah nanas masak. Kupas kulitnya, lalu parut, peras, dan saring. Tambahkan air perasan 1 buah jeruk nipis dan aduk sampai rata. Gunakan ramuan ini untuk menggosok kulit kepala yang berketombe. Lakukan malam sebelum tidur. Keesokan paginya rambut dikeramas. Lakukan 2-3 kali dalam seminggu.
  4. Peradangan kulit: sediakan 1/2 buah nanas yang telah masak. Kupas kulitnya, lalu parut. Hasil parutannya dipakai untuk menggosok kulit yang bersisik dan mengelupas. Lakukan sekali sehari, malam sebelum tidur. Keesokan paginya baru dicuci bersih. Lakukan setiap hari.
  5. Sembelit: minum air perasan dari 3 buah nanas, namun pilihlah buah yang belum matang benar dan agak sedikit asam.
Efek Samping:
  1. Nanas muda berpotensi sebagai abortivum atau sejenis obat yang dapat menggugurkan kandungan. Karena itu, nanas dapat digunakan untuk melancarkan terlambat haid. Karena itu, perempuan hamil dilarang mengkonsumsi nanas muda.
  2. memicu rematik. Di dalam saluran cerna, buah nanas terfermentasi menjadi alkohol. Ini bisa memicu kekambuhan rematik gout. Penderita rematik dan radang sendi dianjurkan untuk membatasi konsumsi nanas.
  3. meningkatkan gula darah. Buah nanas masak mengandung kadar gula yang cukup tinggi. Jadi, bagi penderita diabetes, sebaiknya tidak mengonsumsi nanas secara berlebihan.
  4. menimbulkan rasa gatal. Terkadang sehabis makan nanas segar, mulut dan lidah terasa gatal. Untuk menghindarinya, sebelum dimakan, rendamlah potongan buah nanas dengan air garam. Sederhana bukan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar